• Oaktour

Masjidil Haram dan Nabawi Pasang 9000 Karpet Baru, Isyarat Raja Arab Mulai Terima Jamaah Umrah-kah?

Jumat, 21 Agustus 2020 17:38

KARPET BARU - Penampakan baru Masjidil Haram di Mekkah, setelah pemasangan 9000 lembar karpet baru, Kamis (20/8/2020) waktu Arab.

TRIBUNBATAM.id — Badan urusan teknis Layanan Presidensial Umum Urusan Haramain, Kamis (19/8/2020) atau Jumat (21/8/2020) waktu Indonesia, memulai pemasangan 9.000 lembar karpet baru di asjidil Haram (Mekkah) dan Masjid Nabawi (Madinah).

 

Dilansir situs resmi Kerajaan Arab Saudi, pemasangan karpet ini adalah rangkaian tradisi peringatan Tahun Baru Hijrah, atau 1 Muharram 1442 Hijriyah.


Apakah ini isyarat bahwa pemerintah kerajaan Aran Saudi segera membuka pintu perjalanan umrah 1442 hijriyah?


Belum ada kabar tambahan atau informasi lain, apakah pemasangan 9.000 unit karpet baru ini pelataran utama Kabah dan Masjid Nabawi di Madinah, sebagai isyarat pemerintah dan otoritas masjid mulai bisa menerima jamaah ibadah umrah.’


Seperi tahun-tahun sebelumnya, usai ibadah haji, jamaah umrah dari seluruh dunia mulai bisa masuk ke Mekkah dan Madinah. pada bulan September, atau selepas Muharram, Jumadil awal dan Jumadil Akhir.


Puncak ibadah umrah ada di bulan musim semi, Rabiul Awal dan Rabiul Akhir sekitar Januari hingga Maret.


Rangkain ini adalah sterilisasi kawasan dua masjid utama dan suci di Arab ini, setalah bulan Zulhijjah 1441 lalu digunakan terbatas untuk ibadah haji.


Sterilisasi dan penataan ulang perabot masjid dilaporkan akan berlangsung 24 jam kedepan, hingga Sabtu (23/8) besok.


Presiden Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Syekh Prof Dr Abdul-Rahman bin Abdulaziz Al-Sudais dilaporkan ikut memantau tahapan lanjutan dari proteksi pengelola Haramin untuk memutus mata rantai Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).


Merujuk tradisi tahunan di awal bulan Muharram, otoritas pengelola Masjid Haram akan melengkapi kembali seluruh kapel Masjidil Haram,

Namun awal tahun 1442 Hijriyah ini berbeda. 

Panita dan pekerja menerapkan ketat protokol kesehatan  global penanggulangan COVID-19.

Tiap karpet memuat 3 jamaah. Panjangnya sekitar 6 meter. 


Tiap helai karpet misalnya ditempatkan dalam jarak dua meter.

Jika tiap karpet bisa menampung 3 jamaah dengan jarak 1,5 meter tiap jamaah, maka jumlah jamaah yang bisa ditampung dari 9000 karpet baru ini adalah sekitar 27 ribu.


Jumlah ini kurang 10 persen dari kapasitas daya tampung dua Masjid utama di Arab ini.


Masjidil Haram di Mekah didesain bisa menampung sekitar 900 ribu jamaah di keadaan normal, dan di musim haji bisa menampung hingga 4 juta jamaah sekaligus.


Sedangkan Masjid Nabawi di Medinah, dalam keadaan normal bisa menamoung 500 ribu hingga 700 ribu jamaah. Dan di Musim Haji bisa menampung 1 juta jamaah.


Sekadar diketahui, pada pelaksanaan ibadah Haji 1441 H atau di akhir bulan Juli 2020 lalu, hanya diikuti sekitar 1.000 jamaah. Ini hanya 0,1 persen dari total daya tampungnya.


Ada 13 Jemaah dari Indonesia yang diundang khusus untuk hadir berhaji di puncak masa pandemi

Ibadah haji yang telah diputuskan Arab Saudi bakal dibuka lagi secara terbatas dinyatakan cuma untuk sekitar 1.000 jemaah yang sudah berada di dalam negeri.

 

Kuota haji itu tidak termasuk jemaah yang berasal dari luar Arab Saudi.

"Jumlah jemaah akan sekitar 1.000, mungkin kurang, mungkin lebih sedikit.


Angkanya tidak akan sepuluh ribu atau ratusan ribu," ujar Menteri Haji Arab Saudi Mohammad Benten di hadapan wartawan di Riyadh diberitakan AFP, Selasa (23/6/2020) lalu.


Bukan cuma kuota yang dibatasi, Menteri Kesehatan Arah Saudi, Tawfiq al-Rabiah juga menjelaskan ibadah haji hanya dilakukan untuk jemaah berusia di bawah 65 tahun dan tidak memiliki riwayat penyakit kronis. Jemaah akan dites Covid-19 sebelum memasuki Mekkah dan harus menjalani karantina setelah ibadah.


Arab Saudi membuka kembali ibadah haji di tengah status penyebaran Covid-19 yang melonjak di dalam negeri. Sejauh ini Arab Saudi merekam lebih dari 164 ribu kasus positif dengan angka kematian nyaris 1.350 orang.


Keputusan itu menuai berbagai respons dari Muslim di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan keputusan itu sejalan dengan pemerintah Indonesia yang meniadakan ibadah haji pada tahun ini karena pandemi.


Menghentikan kegiatan ibadah haji dari pemerintah sudah diumumkan pada 2 Juni.

Keputusan Saudi sejalan dengan dasar pembatalan keberangkatan jemaah Indonesia yang diumumkan 2 Juni lalu, yaitu keselamatan jemaah haji," kata Fachrul dalam keterangan resminya, Selasa (13/6). *

Artikel ini telah tayang di tribunbatam.id dengan judul Masjidil Haram dan Nabawi Pasang 9000 Karpet Baru, Isyarat Raja Arab Mulai Terima Jamaah Umrah-kah?, https://batam.tribunnews.com/2020/08/21/masjidil-haram-dan-nabawi-pasang-9000-karpet-baru-isyarat-raja-arab-mulai-terima-jamaah-umrah-kah?page=3. Penulis: Ichwan Nur Fadillah Editor: thamzil thahir

#pembukaan_umroh #karpet_nabawi_haram #umroh #haji #oaktour


Email

Whatsapp

0812 1111 2295

Call center

0812 1111 2295

arrow&v

Follow us

Payment Partner

Airlines Partner

  • Facebook
  • Instagram

© 2019 Tiketumrah.com By OAKTOUR.